googlef07c5479d9b2a839.html Kang Rendy: Mudah Memaafkan Orang Lain

Senin, 08 November 2010

Mudah Memaafkan Orang Lain

Sesungguhnya orang yang memiliki hati yang baik adalah mereka yang tidak gampang marah dan mudah memaafkan orang lain. Demikian ungkapan alm. Zainal Arifin Thaha (2004) agar anda tidak gampang marah ketika orang lain memiliki kesalahan pada anda dan bahkan lebih baik jika anda mudah memaafkan orang lain. Anda akan memiliki poin tersendiri yang menambah nilai hidup anda.
Cobalah bayangkan, jika anda gampang memaafkan terhadap orang lain, tentu saja orang lain akan semakin gampang memafkan anda. Jika anda pernah mempunyai kesalahan kepada orang lain dan orang lain itu segera memaafkan anda, tentu saja anda akan merasa senang pada orang tersebut, bahkan anda ingin melakukan sesuatu yang membuat dirinya semakin senang kepada anda.
Tunjukkan pada orang lain bahwa anda memiliki cara mengatur emosi yang baik. Tunjukkan bahwa anda memiliki hati lembut yang bisa membuat orang percaya bahwa anda mudah memaafkan orang lain. sesungguhnya orang lain akan percaya bahwa anda bisa mengatur diri anda menjadi baik dan menjadikan spiritualitas anda berpengaruh pada lini kehidupan anda, termasuk mudah memaafkan orang lain.
Orang yang mudah memaafkan orang lain sesungguhnya tengah mengemukakan pada orang lain bahwa dia memiliki jiwa yang lembut, memiliki cara mengatur emosi yang baik sehingga mampu mengendalikan diri ketika sedang dilanda amarah. Dia bahkan mengumpat pada orang yang membuatnya marah. Cara itulah kurang baik karena tidak mudah memafkan orang lain.

Uraian kata-demi kata tersebut saya sadur dari buku "Quantum Emotion-The Simple Ways For Your Beautiful Life" karya Kam Imam-2009.

Memaafkan orang lain memang merupakan hal yang sangat sulit dilakukan jika masih ada amarah yang menggelora di dalam diri individu, akan tetapi kata maaf yang terucap akan memberikan dentuman yang hangat bagi orang lain. Kata Maaf dan memberikan maaf seharusnya bukan hanya sekedar diucapkan dari lisan, akan tetapi harus selalu tertanam di dalam benak masing-masing agar tidak ada lagi perselisihan. "Orang yang Kuat adalah bukan mereka yang mampu mengangkat beban dengan berat ber-ton-ton, akan tetapi mereka yang mampu meminta maaf atas kesalahannya, yang mampu mengakui kesalahannya, dan orang-orang yang mampu untuk memberikan maaf". So, jika anda pernah melakukan kesalahan kepada orang lain, jangan segan dan malu untuk meminta maaf dan mengakui kesalahan yang anda buat. Jika itu anda lakukan, bukan tidak mungkin anda akan mempunyai hubungan yang indah di masyarakat, karena anda adalah orang yang kuat.

Mohon maaf bila ada salah kata yang saya tuangkan dalam tulisan ini.. ^_^ Rendy's.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar